Kebijakan Terhadap Korupsi Dalam Pendidikan Perlu Dilaksanakan Secara Tegas Kalau Kita Akan Berharap Kemajuan Mutu Pendidikan. Ada Empat Hal Lagi Yang Perlu Kebijakan Tepat Secara Nasional...


Prioritas Pendidikan / Korupsi & Isu Keuangan
 
KPK Luncurkan Sistem Pelaporan Online
By admin
Thursday, September 03, 2009 01:36:00 Clicks: 1001 Send to a friend Print Version
KPK Luncurkan Sistem Pelaporan Online

Kamis, 03 September 2009 01:36 WIB

JAKARTA--MI: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Rabu (2/9) meluncurkan sistem pelaporan kasus dugaan korupsi melalui jaringan internet (online).

Sistem ini memungkinkan seluruh masyarakat Indonesia untuk melaporkan dugaan tindak pidana korupsi melalui internet, kata Wakil Ketua KPK, M Jasin.

Sistem pelaporan online yang bisa diakses melalui laman www.kpk.go.id itu memungkinkan seluruh masyarakat untuk melaporkan segala jenis delik korupsi, seperti suap, gratifikasi, penggelapan dalam jabatan, dan pemerasan. Bahkan, masyarakat bisa melaporkan kasus pemerasan yang dilakukan oleh orang yang mengaku sebagai orang KPK.

Jasin menegaskan, masyarakat bahkan bisa menyampaikan laporan dugaan korupsi tanpa menyertakan identitas. Ini merupakan salah satu upaya perlindungan terhadap pelapor, kata Jasin.

Meski tidak menyertakan identitas, tim KPK tetap bisa menjalin komunikasi dengan pelapor melalui akun khusus yang disediakan dalam laman tersebut. Akun itu memungkinkan tim KPK untuk tetap berkomunikasi dengan para pelapor, tanpa menyebut identitas. Komunikasi itu dilakukan jika tim KPK merasa memerlukan informasi tambahan untuk menindaklanjuti suatu laporan dugaan tindak pidana korupsi.

Jasin menjamin tim KPK akan mampu memilah mana laporan yang layak untuk ditindaklanjuti sesuai prosedur operasional standar di KPK. Tim KPK akan dengan mudah membedakan apakah suatu laporan merupakan upaya pemberantasan tindak pidana korupsi atau hanya kepentingan pihak tertentu.

Selain melayani pelaporan tindak pidana korupsi, laman tersebut juga menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan apresiasi dan masukan terhadap kinerja sejumlah instansi pemerintah dalam menyelenggarakan pelayanan publik. Sistem pelaporan online itu merupakan bagian dari proyek Anti-Corruption Clearing House yang dikembangkan oleh KPK. Proyek itu merupakan kerjasama antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Republik Federal Jerman. (Ant/OL-06)

Sumber: Media Indonesia Online
http://www.mediaindonesia.com/read/2009/09/09/93773
/16/1/KPK_Luncurkan_Sistem_Pelaporan_Online
 
More Korupsi & Isu Keuangan News
. Parah, 6 dari 10 Sekolah Tilap Dana BOS!
. ICW Serahkan Audit BPK ke Kemdiknas
. Tiga Pejabat DKI Disamakan dengan Gayus
. ICW: Ah, Temuan BPK Masih Terlalu Kecil!
. Akhirnya, Kadisdik Akui Ada Pelanggaran
. Maaf, Pengembalian Tak Hapuskan Tuntutan
. ICW: Rp 5,7 miliar, Angka yang Fantastis
. DAK Rp 2,2 Triliun di Kemdiknas Raib!
. Edan, Koruptor Kok Nyaman di Penjara?
. Indonesia Terkorup di Asia Pasifik